Total Tayangan Halaman

Senin, 20 Januari 2014

polarisasi internet



Polarisasi dalam Kelompok Internet

            Polarisasi kelompok dan internet akan saya bahas ditulisan saya kalin ini. Apakah polarisasi ? secara umum polarisasi itu artinya  kecenderungan ke arah posisi yang ekstrim. Sedangkan kalau polarisasi kelompok adalah gejala mengumpulkan pendapat kelompok pada satu pandang tertentu. Polarisasi kelompok adalah intensifikasi dari suatu pre-existing awal kelompok pilihan (Baron et al. 1992 : 73)
            Sedangkan pengertian internet adalah hubungan atau koneksi satu komputer ke komputer lainnya diseluruh dunia melalui server dan router internet, dengan internet kita dapat mengirim dan  mengakses berbagai gambar, tulisan, suara, video dan program komputer.
            Lalu apakah hubungan polarisasi kelompok dan internet ? hal ini karena fasilitas di internet yang dapat menyebabkan polarisasi kelompok dimana terjadi pembentukan kubu diantara pengguna internet. Misalnya saya adalah pengguna jejaring sosial, maka tanpa disadari atau tidak saya sudah ikut terpolarisasi dan menjadi bagian dari salah satu kelompok pengguna jejaring sosial tersebut. Pengaruh polarisasi adalah seringkali keputusan yang dibuat kelompok lebih ekstrim dibandingkan keputusan indvidu. Penyebab polarisasi kelompok adalah (1) perbandingan sosial, (2) diskusi kelompok, (3) tidak ada prasangka.
            Internet di zaman sekarang ini sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian besar orang. Seperti yang telah dijelaskan di atas, fasilitas yang ada di internet seperti jejaring sosial, streaming, unggah, unduh, jual beli, dan lainnya bisa menjadi penyebab terjadinya pengelompokan di internet.
·          1. Jejaring sosial
kata jejaring sosial pasti sudah tidak asing lagi apalagi untuk kaum muda, dengan fasilitas jejaring sosial pengguna bisa berbagi informasi maupun data pribadi mereka dengan pengguna jejaring sosial yang sama, contoh jejaring sosial tersebut adalah facebook, twitter dan lainnya.




     2. Streaming
   dengan menggunakan fasilitas ini, para pengguna bisa berbagi video dan mengomentarinya. tentunya kita juga sudah sering menonton lewat youtube.
      
·      3. Jual beli
      fasiilitas jual beli di internet bisa dilakukan melalu blog, instagram, facebook, twitter dan jejaring sosial lainnya. para penggunanya bisa mengupload foto dan mengomentarinya, dengan fasilitas ini para penggunanya bisa berjualan dengan mengupload foto barang dagangan mereka.



 

   4. E-mail
    e-mail atau surat elektronik adalah fasiitas untuk surat menyurat tapi dalam bentuk elektronik yang dapat dikirim melalui internet. Contohnya seperti gmail dan yahoo. Email sangat penting dimiliki apalagi buat mahasiswa seperti kita, selain itu kalau mau bikin jejaring sosial, rata-rata harus mendaftar dengan email.

                         





sumber :


AJRIN SYARAFINA
10512529
2PA01



Tidak ada komentar:

Posting Komentar