Total Tayangan Halaman

Kamis, 01 November 2012

manusia dan cinta kasih



Manusia dan Cinta kasih
            Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri yaitu bahwa manusia adalah makhluk yang selalu membutuhkan orang lain dan tidak bisa hidup tanpa bantuan dari orang lain.
            Hubungan antara manusia dengan manusia lainnya tidak lepas dari yang namanya cinta kasih , tanpa adanya cinta kasih antara manusia maka hidup akan terasa tidak damai dan tidak nyaman. Maka dari itu diperlukannya cinta kasih antara sesama manusia agar hubungan sesama manusia menjadi lebih nyaman dan damai .
            Cinta kasih itu sendiri adalah  perasaan yang hadir dalam diri seseorang dengan sendirinya dan  datang secara alamiah kepada orang lain dan tanpa mengenal usia, ruan dan waktu, seperti cinta kasih seorang ibu kepada anaknya dan juga cinta kasih seorang anak kepada ibunya.
            Menurut kamus umum bahasa Indonesia karya W.J.S. Poerwadarminta, cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) sayang (kepada), ataupun (rasa) sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih artinya perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian arti cinta dan kasih hampir bersamaan, sehingga kata kasih memperkuat rasa cinta, Karena itu cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.
            Pengertian cinta juga dikemukakan oleh Dr. Sarlito W. Sarwono, beliau mengatakan bahwa cinta memiliki tiga unsur yaitu keterikatan, keintiman dan kemesraan. Yang dimaksud dengan keterikatan adalah adanya perasaan untuk hanya bersama dia, segala prioritas untuk dia, tidak mau pergi dengan orang lain kecuali dengan dia. Yang dimaksud dengan keintiman adalah adanya kebiasaan-kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukkan bahwa antara anda dan dia sudah tidak ada jarak lagi, panggilan-panggilan formal seperti bapak, ibu saudara digantikan dengan panggilan nama atau sayang. Sedangkan kemesraan adalah rasa ingin membelai atau dibelai, rasa kangen kalau tidak bertemu, adanya ungkapan-ungkapan sayang.
            Sedangkan menurut  Dr. Abdullah Nasih Ulwan dalam bukunya manajemen cinta, cinta adalah perasaan jiwa dan gejolak hati yang mendorong seseorang untuk mencintai kekasihnya dengan penuh gairah, lembut dan kasih sayang jadi kesimpulannya cinta adalah fitrah manusia yang murni yang tak dapat terpisahkan dengan keidupannya.
Ada beberapa macam cinta kasih, diantaranya adalah :
·         Cinta kasih seorang ibu dan ayah pada anaknya
Semua orang tua pasti sangat menyayangi dan mencintai anaknya , begitu juga sebaliknya. Orang tua rela melakukan apa saja demi anaknya semua itu dikarenakan mereka sangat menyayangi dan  mencintai anaknya , dan kita sebagai anaknya juga harus berbakti pada orang tua kita yang telah melahirkan , merawat, menjaga dan menyayangi kita.

·         Cinta kasih antara lawan jenis

Cinta kasih tidak hanya kepada orang tua tetapi juga terhadap lawan jenis , seorang pria yang jatuh cinta pada seorang wanita yang bagi dia sangatlah menarik dan begitu juga sebaliknya, perasaan cinta kasih tersebutlah yan akan membuat mereka untuk saling menjaga, melindungi dan membuat orang yang mereka cintai merasa nyaman dengan mereka.

·         Cinta kasih antara satu manusia dengan manusia lainnya
Cinta kasih anatara sesama manusia juga sangatlah penting karena manusia tidak bisa hidup sendiri dan selalu membutuhkan bantuan orang lain untuk hidupnya. Contoh adalah dengan kita saing menyayangi teman kita , memberi perhatian pada teman kita yang sedang tertimpa masalah dan lain sebagainya.
·         Cinta antara manusia dengan Tuhan
Tuhan adalah zat yang telah menciptakan kita dan semua makhluk yang ada didunia ini. Cara memperlihatkan dan membuktikan cinta kasih kita terhadap Tuhan adalah dengan kita senantiasa beribadah pada-Nya , menjauhi larangan-Nya dan mengerjakan perintah-Nya
·         Cinta antara manusia dengan lingkungan
Cara menunjukkan cinta kasih kita terhadap lingkungan kita adalah dengan senantiasa menjaga , merawat dan melestarikan lingkungan kita. Kita tidak boleh merusak lingkungan yang telah Tuhan ciptakan untuk kita dan harus tetap melestarikannya.
Bagi manusia, cinta merupakan kebutuhan yang harus setiap manusia miliki, cinta kasih sangatlah penting agar hubugan antar sesama manusia berjalan dengan baik.
Cinta kasih yang paling tulus menurut saya adalah cinta kasih orang tua terhadap anak-anaknya , karena cinta kasih orang tua terhadap anak-anaknya tidak dapat digantikan dan bayar oleh apapun. Ketika mereka melihat anak-anak mereka lahir ke dunia mereka menangis bahagia karena melihat manusia yang sangat mereka sayangi dan kelak akan bisa membuat mereka bangga dan berguna bagi banyak orang.
Dan sebagai seorang anak kita pun wajib dan memang sudah seharusnya mencintai dan menyayangi orang tua kita yang merawat dan membesarkan kita dengan penuh kasih sayang.
Namun bisa kita lihat sekarang, banyak orang tua yang telah tinggal di panti jompo dan sudah tidak mendapat kasih sayang dari anak-anaknya , sangat disayangkan sikap anak-anak mereka tersebut, seharusnya cinta kasih yang telah orang tua mereka berikan bisa mereka balas dengan selalu sabar menghadapi orang tua mereka yang sudah semakin tua. Pada umumnya mereka melakukan itu karena mereka sibuk dengan kerjaan mereka atau mereka tidak ingin direpotkan oleh orang tua mereka yang sudah mulai tua, padahal mereka telah dibesarkan dengan penuh kasih sayang oleh orang tuanya.

                http://viqie-vriders.blogspot.com/2012/03/pengertian-cinta-kasih.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar