Total Tayangan Halaman

Minggu, 04 November 2012

konsepsi ilmu budaya dasar



Ilmu Budaya Dasar
            Ilmu budaya dasar adalah pengetahuan atau ilmu yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian tentang konsep-konsep untuk membahas masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
            Istilah llmu Budaya Dasar dikembangkan di Indonesia sebagai pengganti istilah Basic Humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa Inggris "The Humanities". Istilah Humanities  berasal dan bahasa latin humanus yang bisa diartikan manusia, berbudaya dan halus. Dengan mempelajari the htimanities diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa the humanities berkaitan dengan nilai-nilai yaitu nilai-nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia berbudaya. Agar supaya manusia bisa menjadi humanus, mereka hams mempelajari ilmu yaitu the humanities disamping tidak meninggalkan tanggung jawabnya yang lain sebagai manusia itu sendiri.
            Beberapa definisi tentang Ilmu Budaya Dasar ( IBD ) :
*Ilmu Budaya Dasar, adalah pengetahuan yang dapat memberikan pengetahuan dasar serta pengertian umum tentang konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah manusia dan kebudayaan.
*Ilmu Budaya Dasar, adalah pengetahuan tentang perilaku dasar - dasar dari manusia.
*Ilmu Budaya Dasar, adalah ilmu gabungan, yang secara bersama atau sendiri dapat dipakai sebagai alat untuk memecahkan masalah manusia sebagai makhluk yang berbudaya, baik dalam kedudukannya sebagai makhluk individu, sosial, maupun ciptaan Tuhan.
           



Prof.Dr.Harsya bachtiar mengelompokan 3 kelompok tentang ilmu dan pengetahuan, yaitu :
*Ilmu – ilmu alamiah
Bertujuan untuk mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Caranya ialah dengan menentukan hokum yang berklaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas. Hasil ini kemudian digeneralisasi, dan dibuat prediksi. Yang termasuk kelompok – kelompok ilmu alamiah adalah astronomi, kimia, fisika, biologi, kedokteran dan mekanika.
*Ilmu – ilmu sosial.
Bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Caranya ialah menggunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan peryataan –pernyataan yang bersifat unik dan kemudian diberi arti. Yang termasuk kelompok ilmu sosial adalah ekonomi, sosiologi, politik, psikologi.
*Pengetahuan budaya
Bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengakji hal ini, menggunakan metode pengugkapan peristiwa dan pernyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti
Ilmu budaya dasar mempunyai banyak tujuan, diantaranya adalah :
*kita bisa lebih mengenal lagi tentang kebudayaan kita
*kita bisa lebih menghargai budaya dan manusia
*kita bisa mempunyai rasa cinta terhadap budaya dan sesama manusia
            Ilmu budaya dasar bisa bersangkutan atau berhubugan dengan kesusastraan, kebudayaan dan banyak hal lainnya.
            Ilmu budaya dasar yang berhubungan dengan kesusastraan maksudnya adalah bahwa ilmu budaya dasar mempunyai tujuan untuk membuat manusia-manusia mengetahui tentang kesusastraan. Contohnya adalah prosa dan prosa itu sendiri dibagi menjadi dua, yaitu :
*Prosa lama, yang meliputi :
 dongeng, hikayat, sejarah, epos, dan cerita pelipur lara
*Prosa baru, yang meliputi :
 cerpen, roman, novel, biografi, kisah dan otobiografi
Prosa itu sendiri bisa kita definisikan sebagai bentuk cerita yang pemeran , peristiwa dan alur yang terjadi akibat dari imajinasi-imajinasi atau khayalan. Prosa fiksi mempunyi banyak nilai atau fungsi, diantara adalah :
*memberi kesenangan
*memeberi informasi
*memberi warisan kultur
*memberi pengetahuan budaya


Sumber :
http://abdirachmadi.blogspot.com/2012/03/pengertian-dan-tujuan-ilmu-budaya-dasar.html
http://rulrul.wordpress.com/2011/03/13/rangkuman-ibd-konsepsi-ibd-dalam-kesusastraan/
http://erikatetapbawellzz.blogspot.com/2010/10/konsepsi-ilmu-budaya-dasar-dan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar