Total Tayangan Halaman

Minggu, 12 Mei 2013

hubungan ekologi dengan psikologi dan ekonomi


Hubungan Ekologi dengan Ilmu Psikologi dan Ekonomi
A.   Pengertian Ekologi
            Secara harfiah, ekologi mengakar pada dua kata dari bahasa Yunani yakni Oikos dan juga Logos. Oikos berarti rumah atau tempat untuk hidup. Kemudian Logos adalah ilmu. Jadi, bisa disimpulkan bahwa pengertian ekologi secara sederhana adalah ilmu yang mempelajari mahluk hidup di dalam rumahnya, atau bisa juga dikatakan bahwa ekologi adalah ilmu mengenai rumah tangga mahluk hidup. Sebagian ilmuan juga menyepakati bahwa pengertian ekologi tak lain adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari hubungan antara organisme dengan lingkungannya. Lebih spesifik lagi, pengertian ekologi bagi sebagian orang adalah ilmu yang bmencoba untuk memahami dan mempelajari hubungan antara binatang, tumbuhan, manusia dan juga lingkungannya, bagaimana mereka hidup, dimana mereka hidup, juga mengapa mereka berada di lingkungan tersebut.

B.   Pengertian Psikologi
            Psikologi berasal dari kata dalam bahasa Yunani Psychology yang merupakan gabungan dan kata psyche dan logos. Psyche berarti jiwa dan logos berarti ilmu. Secara harafiah psikologi diartikan sebagal ilmu jiwa. Istilah psyche atau jiwa masih sulit didefinisikan karena jiwa itu merupakan objek yang bersifat abstrak, sulit dilihat wujudnya, meskipun tidak dapat dimungkiri keberadaannya. Dalam beberapa dasawarsa ini istilah jiwa sudah jarang dipakai dan diganti dengan istilah psikis.



C. Pengertian Ekonomi
            Ekonomi berasal dari bahasa Yunani yaitu kata “oikos” yang berarti rumah tangga dan “nomos” yang berarti hokum, aturan, atau peraturan. Ekonomi merupakan ilmu social yang mempelajari kegiatan manusia yang berkaitan dengan konsumsi, distribusi, dan produksi barang dan jasa.

D.   Hubungan Ekologi dengan Psikologi
          Ekologi mempunyai hubungan dengan ilmu psikologi terutma psikologi lingkungan. Psikologi lingkungan adalah ilmu kejiwaan yang mempelajari perilaku manusia bedasarkan pengaruh lingkungannya, baik lingkungan sosial, dan lingkungan alam. Jadi, hubungan antara ilmu ekologi dengan ilmu psikologi lingkungan sudah cukup jelas, yaitu dimana psikologi lingkungan mempelajari perilaku manusia berdasrkan lingkungannya. Sebagai contoh ketika terjadi banjir yang merusak ekosistem tentu saja ada perubahan perilaku manusia atau yang menjadi korban, bisa saja terjadi trauma akibat banjir yang terjadi.

E.   Hubungan Ekologi dengan Ekonomi
            Hubungan ekologi dan ekonomi adalah apa yang ada di lingkungan dapat dimanfaatkan untuk menghasil sesuatu, sebagai contoh binatang yang ada dilaut atau khususnya ikan dimanfaatan oleh para nelayan untuk dijual kembali, mereka memancing ikan pada malam hari dan kembali lagi pada pagi hari ke pantai lalu menjualnya ke para pemasok ikan dipasar. Namun yang perlu dingat adalah kita tidak boleh memanfaatkan alam secara berlebihan, manfaatkanlah alam dengan bijaksana.





Sumber :
http://belajarpsikologi.com/pengertian-psikologi/ diakses pada tanggal 10 Mei 2013
http://www.anneahira.com/psikologi-lingkungan.htm diakses pada tanggal 10 Mei 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar